Sabtu, 07 Januari 2012

mata pelajaran IPS kelas 3 SD

LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN
Semester pertama
pelajaran pertama

Tujuan pembelajaran : setelah mempelajari pelajaran ini siswa diharapkan mampu
* Menceritakan lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
Kata kunci : lingkungan, linkungan alam, lingkungan buatan.

a. mengenal linkungan alam dan buatan
1. pengertian lingkungan alam dan buatan

lingkungan adalah ruang yang kita tepati beserta segala sesuatu yang ada didalam nya.lingkungan terdiri dari atas benda hidup dan benda mati. lingkugan dapat ditinjau secara sempit dan luas. contoh lingkungan secara lingkungan secara sempit adalah ruang kelas.diruang kelas terdapat meja dan kursi,papan tulis, lemari, siswa-siswa dan guru, itulah lingkungan kelas. contoh lingkungan yang luas adalah lingkungan sekolah dan lingkungan desa atau kota.
lingkungan alam adalah lingkugan yang sudah ada di alam tanpa harus dibuat oleh manusia. lingkungan alam meliputi daratan (tanah), perairan (air), dan udara. daratan merupakan tempat terpijak mahluk hidup yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. lingkungan di daratan dapat dibagi-bagi lagi ssecara khusus, misalnya lingkungan gunung, hutan, dan lain-lain. lingkungan periran juga bermacam-macam. lingkungan perairan terdiri dari sungai, danau, laut, dan rawa. itulah merupakan lingkungan alam yang merupakan ciptaan Tuhan. manusia tinggal menfaatkannya untuk mencukupi berbagai kebutuhan hidup.
lingkungan buatan merupakan linkungan yang segaja dibuat oleh manusia. jalan, bandara, gedung, rumah, taman, sawah, dan kolam, adalah contoh-contoh lingkungan buatan untuk kepentingan tertentu. misalnya, jalan aspal dibuat untuk kelancaran transportasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar